Monday 16 February 2015

Fenomena Brocken G

Brocken G (Brocken Gigant atau BG) adalah mini 4wd Tamiya seri Fully Cowled. Muncul pada serial Let's & Go pada era 90-an sebagai karakter mobil mini 4wd antagonis buatan profesor Oogami untuk K. Gen. Brocken G sendiri diciptakan untuk menghancurkan mobil-mobil milik lawan tim profesor Oogami yaitu tim Victory, di mana Seiba bersaudara berada. Dalam cerita itu, Brocken G mempunyai senjata penghancur yaitu sebuah capit dengan gigi penghancur yang dapat mencapit mobil lawan kemudian menghancurkannya. Capit ini memang ada pada mobil mini 4wd di dunia nyata tapi tentu tidak mungkin dapat berfungsi seperti apa yang kita lihat dalam film itu.
Fenomena Brocken G di dunia nyata pun bukan karena kehadirannya sebagai mini 4wd penghancur. Brocken G mulai terkenal di dunia STB pada tahun 2014. Banyak alasan yang membuat sebagian besar racer memilih mobil ini untuk diikutsertakan pada setiap perlombaan Tamiya STB. Bahkan satu seri lomba pun bisa didominasi oleh Brocken G.
brocken g tamiya stb
Brocken G
Lalu apa sih yang istimewa dari Brocken G ini?
Brocken G merupakan salah satu mini 4wd keluaran Tamiya yang menggunakan sasis Super FM. Sesuai namanya, FM adalah Front Motor di mana mesin/motornya berada di depan. Hal ini membuat BG bisa melompat dengan stabil. Kenapa? Karena dengan letak mesin di depan membuat berat mobil lebih ke depan. Ketika BG melompat, bagian depan akan langsung menunduk perlahan sehingga aliran angin sesuai dengan laju mobil dalam lompatan. Keunggulan yang kedua, bentuk mobil BG cukup tipis karena memiliki body yang rendah. Hal ini akan sangat berguna ketika berjalan di trek karena memperlancar aliran angin, hambatan yang ditimbulkan dari bentuk body BG lebih sedikit.
Keunggulan BG bukan hanya pada sisi aerodinamisnya saja. Ada satu lagi keuntungan kita jika memilih mobil BG untuk lomba. Penasaran? Yang sudah tau pasti ga penasaran. Kalo yang belum tau mungkin penasaran juga. Ok, keuntungan BG yang lain adalah karena pada bagian body, di ujung belakang kiri dan kanan terdapat lubang seukuran baut. Nah, lubang inilah yang biasa dimanfaatkan oleh setiap racer BG untuk menambah sepasang roller. Fungsinya apa? Sudah jelas roller di atas body berguna untuk membantu keseimbangan mobil pada trek berliku. Mobil mini 4wd itu tidak selalu berjalan stabil dengan keempat rodanya menyentuh permukaan trek. Di trek berliku, kadang mobil miring ke kiri atau kanan. Nah, di situlah fungsi roller di atas body, membantu menahan mobil agar tidak miring berlebihan.
brocken g stb tamiya
Brocken G Black Special
Brocken G dijual tanpa motor di dalamnya, seperti seri Fully Cowled lainnya. Jika dibandingkan dengan mobil Fully Cowled seperti Sonic/Magnum/Black Saber dan Beat Magnum yang memang sudah disertai roller khusus untuk dipasang di atas body, lubang roller pada body BG letaknya lebih lebar. Kita cukup menyesuaikan ukuran roller body agar pas dengan roller depan dan belakang. Kalo pada Saber atau Beat Magnum, meskipun kita pasang roller di atas body, tidak akan membantu karena letak rollernya cukup jauh ke dalam.
Untuk kalian yang memang penasaran dan ingin mencoba BG di setiap lomba kalian, mungkin alasan-alasan yang saya sebutkan di atas tadi bisa diaplikasikan. Saya menjuduli artikel ini sebagai "fenomena BG" karena dari pengamatan saya, BG memang menjadi fenomena. Ini fakta berdasarkan apa yang saya lihat dan hasil dari berbagi tips di forum-forum lain. Di tim saya pun baru memulai menjajal BG yang rencananya akan dilombakan di seri kedua STB kota Bandung.
Semoga artikel ini bermanfaat. Salam mini 4wd!!

4 comments:

  1. gan ane baru main tamiya, mo tanya klo untuk STB+ roller yang bagus buat di pasang di brocken gigant ukuran apa aja yah ? trus roller dragon cocoknya dipasang dmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roller ukuran 14mm cukup pas, terutama utk bagian depan krn body depan BG hampir menyentuh roller. Kalau body depannya dilepas, bisa juga pakai roller karet ukuran 16mm (hijau/abu2).
      Roller dragon bisa dipasang di depan atau di belakang. Kalau pengalaman saya, lebih pas dipasang di belakang krn bobot mobil bagian belakangnya lebih ringan. Roller dragon di belakang berfungsi sebagai stabilizer kalau2 mobil memantul dan miring..

      Delete
  2. gan ane baru nih, untuk stb sebenar nya apa saja sih yang bisa kita modifikasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk stb murni kita hanya bisa memakai semua part dari 1 box/kit yg kita punya, tidak boleh ambil part dari kit lain. kalau stb cross box/TOB+ kita boleh memakai part dari kit lain (cross box). utk setting misalnya roller, ban & velg, gearset, kita atur sesuai laju mobil di lintasan yg diperlombakan.

      Delete