Tuesday 10 February 2015

Balapan Pertama - Mini 4wd

Hallo. Sekarang saya mau cerita sedikit tentang balapan mini 4wd pertama saya.
Perlombaannya diadakan pada hari Minggu, 25 Januari 2015 di kota kelahiran saya, Bandung. Event ini diadakan oleh Komunitas Standard Tamiya Box (KSTBox) dengan Creation HobbyShop, salah satu toko mini 4wd dan aksesorisnya yang ada di Bandung. Persiapan saya untuk ikut di event ini udah cukup lama, kurang lebih sekitar bulan November 2014. Saya tes mobil-mobil mini 4wd beberapa kali sambil dicek ulang semua setting-an di layout trek yang berbeda-beda, tapi sayangnya saya belum pernah dapet performa terbaik dari semua mobil yang saya punya.
balapan mini 4wd Tamiya stbox
Suasana Balapan Mini 4wd Tamiya Stbox
Event-nya sendiri adalah "Standard Tamiya Box" atau yang lebih dikenal sebagai STB. Semua peserta harus menggunakan kit original merek Tamiya beserta part dari kit regular. Jadi kita ga bisa mainin mobil mini 4wd yang sudah di-upgrade dengan grade up parts. Selain itu, kita juga ga diperbolehkan membubut ban atau mengubah diameter ban dengan cara apa pun. Mesin yang boleh digunakan adalah bawaan box (mesin standard) dan mesin-mesin seri Tuned (Torque, Atomic dan Rev Tuned). Keempat roda harus bergerak alias selalu diset 4wd. Tidak boleh memakai gear set dengan rasio 3,7:1 dan roller yang boleh dipakai maksimal 3 pasang (bukan roller bearing). Tapi, kita boleh memadukan setting-an mobil mini 4wd kita dari berbagai macam kit. Sebagai contoh, saya punya sasis MA beserta gearset dan wheel-set dari kit Blast Arrow Black Special (BABS). Body yang saya pakai adalah body Festa Jaune yang saya repaint menjadi warna hitam, dengan 2 pasang roller dari kit super-1 untuk di depan dan belakang bagian bawah, dan yang terakhir adalah roller keramat dari kit Fire Dragon untuk bagian belakang atasnya.
festa jaune stbox tamiya
Festa Jaune milik saya
Pada hari perlombaan, saya beserta adik dan kakak saya tergabung dalam satu tim. Tim kami bernama "C-27", nama itu adalah nomor rumah kami, hahaha. Kami beli 2 kupon yang masing-masing kuponnya terdapat 25 kesempatan start di babak pertama. Jadi totalnya kami punya 50 kesempatan start di babak pertama. Mobil-mobil mini 4wd yang kami bawa di antaranya memakai sasis MA, AR, Super FM, Super-2 dan MS. Dari semua penampilan mobil-mobil mini 4wd kami, cuma mobil dengan sasis AR yang performanya paling bagus, itu pun mungkin karena layout dari trek yang lebih cocok untuk sasis AR.
tamiya stbox ar chassis
Tamiya AR chassis kami
Dari 50 kesempatan start kami pada babak pertama, kami hanya mampu finish pertama sebanyak 7 kali. Entah ini hasil yang baik atau buruk untuk kelas pemula. Dari hasil itu artinya kami punya kesempatan 7 kali untuk start di babak kedua. Tapi, semua race di babak kedua mengecewakan. Bahkan ga ada satu pun mobil mini 4wd kami yang mampu finish.
Kalau saya kembali ke niat awal bahwa bermain mini 4wd ini untuk mencari kesenangan, balapan pertama saya itu cukup menyenangkan. Terlepas dari hasilnya. Balapan mini 4wd itu bukan hanya soal hadiah, tapi soal kesenangan, fun-nya yang saya cari.

No comments:

Post a Comment