Tuesday 24 February 2015

Kit Tamiya dengan Part Spesial

Tamiya sebagai perusahaan mini 4wd terbesar di dunia memiliki kit-kit reguler unggulan. Di antaranya kit Tamiya STB yang tentunya memiliki part khusus dan pastinya dapat digunakan dalam perlombaan STB. Part-part yang sudah include bisa berupa roller, ban, velg atau chassis. Di sini saya akan bahas satu per satu walaupun mungkin tidak semua kit bisa saya bahas karena keterbatasan pengalaman dan pengetahuan saya.

1. Roller
Part yang satu ini berfungsi membantu mobil mini 4wd untuk berbelok mengikuti bentuk trek. Roller akan menyentuh trek kemudian berputar sesuai arah laju mobil. Roller apa saja yang spesial di dunia STB? Yang pertama ini sudah pernah saya tulis sebelumnya, yaitu roller naga. Silakan klik di sini untuk membaca tentang roller naga. Roller jenis ini terdapat pada kit Dragon Premium.
Selanjutnya, roller karet. Roller jenis ini banyak dicari karena dapat menahan laju mobil ketika melewati tikungan, sehingga memperkecil kemungkinan mobil mini 4wd untuk keluar dari trek. Roller karet yang terkenal di dunia STB ada dua ukuran, 14mm dan 16mm.  Roller karet dengan ukuran 14mm biasanya terdapat pada kit dengan sasis Super-1 yang memiliki wing seperti Liberty Emperor, Vanguard Sonic, Tridagger X, dan lain-lain. Tidak hanya itu, roller karet 14mm ini juga terdapat pada kit Brocken Gigant.
liberty emperor roller karet
Liberty Emperor dengan roller karet pada bagian depan
Kemudian, roller karet ukuran 16mm. Berfungsi sama dengan roller karet yang berukuran lebih kecil, hanya saya, roller ukuran 16mm ini memiliki kelebihan lain yaitu memperlebar dimensi mobil. Keuntungannya, ketika mobil mini 4wd melewati area chicane (zig-zag), gesekan ban dengan trek lebih kecil/sedikit karena roller yang besar akan memperkecil jarak mobil mini 4wd saat memantul di trek kiri dan kanan. Dengan begitu, mobil tidak akan mengalami deselerasi yang berlebihan karena gaya gesek ban dengan trek. Roller jenis ini terdapat pada kit Knuckle Breaker Black Special.
knuckle breaker roller karet
Knuckle Breaker Black Special
Satu roller lagi yang menjadi incaran para pembalap Tamiya STB yaitu Roller Kalajengking. Disebut kalajengking bukan karena bentuknya menyerupai kalajengking, tetapi karena roller ini terdapat pada kit Shining Scorpion Premium. Scorpion itu kan kalajengking. Roller ini terkenal karena bentuknya pun tidak biasa. Berbentuk menyerupai barrel/tabung sehingga banyak yang beranggapan bahwa roller ini bisa membantu keseimbangan mobil ketika melewati tikungan. Tapi roller ini tidak sefenomenal roller naga.
Shining Scorpion Premium Red dengan roller kalajengking pada wing-nya

2. Ban
Ban menjadi part STB yang sangat ramai dicari di pasaran. Kompon ban yang dicari adalah ban hard dan super hard. Alasan mereka mencari ban dengan kompon keras adalah karena ban tipe ini bisa meredam pantulan mobil ketika mendarat dari lompatan. Kit-kit yang memiliki ban hard di antaranya: Blast Arrow Black Special, Shining Scorpion Premium Violet dan Pink, Aero Avante Clear Blue, Clear Pink dan Violet, Beat Magnum Turqoise, Beak Spider Premium serta Shirokumakko. Sedangkan kit-kit yang memiliki ban super hard di antaranya: Heat Edge Green Special, Aero Avante Red Special serta Avante Nero Stargek.
aero avante clear blue hard tire
Aero Avante Clear Blue dengan ban hard-nya
heat edge green special super hard tire
Heat Edge Green Special dengan ban super hard-nya

3. Velg
Velg dicari karena keunikan bentuk maupun warnanya, atau mungkin bahannya. Velg STB yang cukup populer salah satunya adalah velg dari kit Raikiri. Bentuk velg ini cukup unik sehinggal harganya bisa mencapai 90 ribu rupiah untuk satu setnya.
velg raikiri
Raikiri
Selain karena bentuknya, velg lain dicari karena warnanya. Contohnya adalah velg milik Blast Arrow Aluminum Metallic ini.
velg blast arrow aluminum metallic
Blast Arrow Aluminum Metallic

4. Chassis
Pemilihan bentuk sasis itu relatif. Setiap racer STB memiliki sasis favoritnya masing-masing. Tapi ada satu bahan sasis yang spesial yaitu sasis berbahan carbon. Sasis ini dinilai cukup ringan dan kuat. Terdapat pada kit Vanguard Sonic Premium dan Victory Magnum Premium.
vanguard sonic premium

victory magnum premium

Berburu part-part spesial STB memang menyenangkan. Tapi juga memerlukan budget yang cukup besar karena kebanyakan part spesial itu dijual dengan harga yang cukup mahal. Sekian pembahasan saya mengenai part spesial di dunia STB. Jika ada yang ingin menambahkan, silakan tulis di bagian komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini. Salam mini 4wd!

10 comments:

  1. Tulisannya bagus2 mas, saya baca semua.
    hehehe saya juga baru cari info untuk nostalgia tamiya ini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas sudah meluangkan waktu utk baca semua tulisan saya. Semoga menginspirasi & selamat bermain mini 4wd..

      Delete
  2. mau tanya, Roller Scorpion itu memang nggak bisa muter ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi jangan dibaut terlalu kencang..

      Delete
  3. Mas tau list" tamiya yg ar chasis include ban hard ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shadow shark yellow special; aero avante red special, clear pink & clear violet; beat magnum turquoise..

      Delete
    2. Beak spider premium jg bannya hard kan mas ?

      Delete
    3. Yap, betul. Dan masih banyak lg..

      Delete