Monday 23 February 2015

Fenomena Roller Naga

Balapan Tamiya STB semakin ramai dengan kehadiran part-part spesial dari kit-kit tertentu. Satu di antaranya adalah roller naga/dragon.
Roller Naga. Kenapa "Naga"? Alasan tepatnya cuma karena roller ini berasal dari kit seri Dragon Premium. Kit-kit ini adalah Super Dragon Premium, Saint Dragon Premium, Thunder Dragon Premium dan Fire Dragon Premium. Keempat kit ini dilengkapi dengan double roller plastik berwarna hitam ukuran 13-12mm. Roller ini dianggap spesial karena nyatanya dapat membantu menstabilkan mobil ketika mobil melewati trek berliku atau ketika mendarat dari lompatan.
Roller jenis ini sangat fenomenal karena cukup dapat diandalkan dalam setiap balapan STB. Semakin banyak racer yang mencari roller ini sampai-sampai harga roller ini di pasaran mencapai angka Rp 100.000,-. Ini harga yang cukup fantastis mengingat harga kit seri Dragon Premium saja berkisar di Rp 165.000,- sampai Rp 180.000,-. Kebanyakan racer membeli kit seri Dragon Premium untuk mendapatkan roller naga. Di dalamnya sudah terdapat satu pasang roller naga dengan baut khusus untuk pemasangannya. Kit-kitnya sendiri tidak begitu populer di balapan STB karena banyak yang beranggapan bahwa bobot Dragon Premium cukup ringan sehingga kurang stabil di trek.
Saya pernah membeli kit Fire Dragon Premium karena penasaran dengan roller naganya. Sepasang roller naga saya tambahkan pada mobil balap saya, Festa Jaune Black Repainted. Saya pasang di bagian belakang sebagai stabilizer.
festa jaune roller naga dragon
Festa Jaune (hitam) dengan Roller Naga pada bagian belakang
Roller naga ini cukup berperan dalam menahan goncangan mobil ketika mendarat dari lompatan. Cukup bisa diandalkan, tapi tidak berarti menjamin racer untuk selalu memenangi setiap balapan STB. Pada intinya, setiap part dari mobil balap STB kita harus diperhitungkan pemakaiannya. Part yang menurut orang bagus, seperti roller naga ini belum tentu selalu memberikan hasil yang bagus. Setup mobil sangat berpengaruh.

2 comments:

  1. Roller naga lebih cocok dipasang didepan atau di bumper belakang ya gan ?
    Dan minta jelasin roller apa aja yg dipasang untuk stb agar mobil lebih stabil ?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung berat mobilnya, cenderung ke depan atau belakang. klo beratnya ke belakang, saya biasa pasang di depan dan sebaliknya.
      soal roller, mungkin yg ada karetnya lebih bagus krn ngebantu pengereman juga. dari pengalaman saya malah mobil yg pake roller naga masih kalah stabil sama mobil yg lain. di gambar di atas, aero mantaray saya paling stabil. itu cuma pake 2 pasang roller. depan pake roller karet, belakang roller plastik. ini bukan aturan baku ya. saya juga ga rekomendasiin pasang roller dari bawah seperti default setting-nya kit sasis MA/AR soalnya sering stuck di dinding track waktu mendarat dari lompatan..

      Delete