Wednesday 11 February 2015

Kelas STB (Standard Tamiya Box)

STB atau Standard Tamiya Box adalah salah satu cabang/kelas yang populer di dunia balap mini 4wd Tamiya. STB mulai populer pada tahun 2014 di berbagai kota di Indonesia. Aturan mainnya cukup mudah, kita hanya boleh memainkan mobil mini 4wd merek Tamiya dalam kondisi standard tanpa grade-up parts.
Tapi, bukan cuma itu aturannya. Ngomong-ngomong soal aturan main STB, ternyata setiap kota punya aturan sendiri-sendiri loh. Di Bandung dengan di Surabaya punya aturan yang berbeda. Bahkan di Bandung sendiri, dari dua penyelenggara yang saya tau, aturan main STBnya pun berbeda. Tapi meskipun berbeda-beda, intinya tetap sama, kita hanya boleh pakai kit standard itu tadi.
Salah satu hal yang membuat kelas STB ini banyak peminatnya yaitu karena untuk memiliki mobil mini 4wd yang siap balap, kita ga perlu budget yang besar. Lain dengan kelas STO, kita bisa memiliki mobil yang siap balap mungkin dengan budget sekitar 1 jutaan. Di kelas STB, dengan modal 200 ribuan rupiah sudah siap balap.
tamiya stbox stb
Contoh kit STB
Main STB itu susah-susah-gampang, bukan gampang-gampang-susah, karena lebih banyak susahnya daripada gampangnya. Kenapa? Karena ternyata tantangannya cukup sulit. Kita harus berpikir bagaimana caranya menyiapkan setup mobil standard yang bisa melibas trek technical yang penuh jebakan. Rata-rata trek STB yang pernah saya coba bertipe technical, tricky, ga butuh speed, tapi kestabilan mobil yang harus diperhitungkan. Salah sedikit mobil kita bisa "klontang indah" alias lompat ke luar trek dan gagal finish. Tapi justru di sanalah letak fun-nya. Kadang kita kesal kalo mobil kita klontang, tapi kadang malah tertawa. Setelah mengalami klontang, biasanya racer berpikir ulang untuk mengubah setup mobil sambil melihat di section mana mobilnya tadi klontang.
Balik lagi ke aturan main STB, meskipun di berbagai daerah aturannya berbeda-beda, saya mau share aturannya secara umum.
  1. Mobil mini 4wd yang dimainkan pastinya harus merek Tamiya.
  2. Part yang dipilih untuk mendukung performa mobil pada intinya harus bawaan box, tidak boleh menggunakan grade-up parts. Kalaupun ada grade-up parts yang boleh dipakai, itu pun harus memiliki bentuk dan bahan/spesifikasi yang sama persis dengan part bawaan box.
  3. Beberapa kit seperti Strato Vector, Thunder Boomerang dan Black Stalker sudah dilengkapi dengan ball bearing roller. Untuk kit-kit ini, kita boleh gunakan kitnya, tanpa bearing-nya, karena bearing itu dianggap sudah bukan part standard lagi.
  4. Keempat roda harus bergerak semua alias 4wd. Untuk sasis pro (MS dan MA) ini berarti gearset harus lengkap dengan mesin double shaft. Untuk yang bermesin belakang atau depan, propeller 4wd dan gear corona harus digunakan.
  5. Ban tidak boleh dibubut atau diameternya diubah dengan cara apa pun.
  6. Mesin Pro (double shaft) hanya boleh dipakai di kit pro juga, sama seperti mesin single shaft tidak boleh digunakan di kit pro.
  7. Penggunaan roller guide maksimal 3 pasang di seluruh bagian mobil mini 4wd.
  8. Umumnya, pemilihan part boleh cross-box. Contohnya, saya pakai kit AR dengan rubber roller bawaan kit Super-1.
  9. Mesin yang digunakan maksimal dari seri Tuned (Torque, Atomic dan Rev Tuned), tapi masih banyak juga yang tetap konsisten dengan mesin standard bawaan box.
Mungkin itulah aturan-aturan umum kelas STB di berbagai tempat, berbagai penyelenggara. Sedikit perbedaan ya kita tanggapi santai saja. Kita main mini 4wd untuk cari kesenangan kan? Bukan untuk mencari perbedaan. Bagaimana pun aturannya, kita sama-sama pemain mini 4wd Tamiya. Semoga kelas STB ini akan semakin populer.

17 comments:

  1. Permisi bro...mau nanya nih, apa saja yg bisa disetting (mobil tamiya) untuk kelas stb ini ?...masih bingung nih, krn kan harus bawaan box semua..., Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf slow respon bro, udah lama ga nulis nih. terima kasih udah mampir ke blog saya.
      utk setting stb memang harus dengan parts bawaan box, tapi boleh cross-box. maksudnya kita pake part dari kit lain seperti yg saya tulis di atas. pada intinya kita boleh ngumpulin part-part dari kit apa aja yang sekiranya bisa dipakai di lomba stb. part yg krusial itu biasanya roller, velg & ban, sasis bahkan body. di gambar itu, kit aero mantaray saya pake roller karet bawaan kit super-1 dan ban medium super hard bawaan heat edge green special. alasannya, roller karet bagus di tikungan, kalau ban super hard itu lebih meredam pantulan mobil ketika turun dari lompatan.

      Delete
  2. Terimakasih bro . artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bro. selamat bermain stb. thanks udah visit di blog ini..

      Delete
  3. Mau tanya nih berarti basic tune up sekalipun ga boleh ya kalo main di stb

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. basic tune-up sudah masuk ke option/upgrade parts, jadi ga bisa digunakan di kelas STB.

      Delete
  4. bro mau nanya kalau lomba STB itu pesertanya daftar sistem kupon lalu ada paket 1 paket berisi 100 kupon maksudnya gimana bro ? minta info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sistem kupon. di setiap event jumlah kupon dalam 1 paket bisa berbeda2. sebagai contoh, saya daftar 1 paket seharga 100 ribu rupiah dapat 50 kupon. 1 kupon untuk 1 kali race. jadi saya dapat kesempatan 50 kali race. dalam 50 race itu tinggal kita usahakan selalu finish di urutan pertama karena setiap finish di urutan pertama kita dapat 1 kupon untuk maju di babak selanjutnya. semakin sering finish pertama di babak pertama maka semakin banyak kesempatan kita maju di babak selanjutnya.

      Delete
  5. Min, mau tanya nih,,,
    Klo saya pake roller dragon chassis ma tp roller jumlahnya tetap 3 pasang gmn min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksimal 3 pasang termasuk roller dragon. selanjutnya tergantung penyelenggara, apakah boleh pakai 2 pasang roller dragon (depan & belakang) atau tidak boleh. beda penyelenggara bisa beda peraturan..

      Delete
  6. Mau nanya bro, klo buat kelas stb chasis apa yg paling bagus bro?
    Kalo pke AR chasis bagus ga bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus/tidaknya relatif. tapi chassis AR termasuk chassis favorit saya utk main STB..

      Delete
  7. artikel yg bermanfaat..trims

    ReplyDelete
  8. Apa harus pakebroller dragon ORI pada saat lomba stb? Terus fungsinya biar apa kalo pemasangannya d balik gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, harus ori. Juru scrut biasanya bisa bedain yg ori sama yg after market. Roller dragon dipasang standard aja, ga dibalik, fungsinya supaya mobil gak miring terlalu berlebihan ketika belok/mendarat.

      Delete
  9. Kalo pake roller dragon bagusnya dipasang dimana ya bro? Sama chassis yang paling sering di pake di stb itu apa ya? Dan punya kelebihan apa sampe dipake banyak orang?

    ReplyDelete